haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com
1 2 3 4 5 6

Cari Blog Ini

Kamis, 02 April 2015

Mengatur Jadwal Makan dan Menu Untuk Anak Usia 1 Tahun


haloMOM- Mengatur Jadwal Makan dan Menu Untuk Anak Usia 1 Tahun
haloMOM, Banyak Mommy-Mommy yang salah kaprah mengenai pemberian MPASI untuk bayi yang usianya sudah 1 tahun. Lantas bagaimana mengatur jadwal makan dan menu untuk anak usia 1 tahun??

Pola makan balita sudah dapat mengikuti menu keluarga, yaitu:

Sarapan dengan nasi lengkap
Nasi bisa diganti pasta, kentang, roti dihidangkan bersama lauk dan sayuran. Contohnya, makaroni dimasak dengan susu, telur dan sayuran iris, dimasak jadi bubur makaroni.

Makan siang dan makan malam dengan nasi lengkap
Nasi lengkap dapat berupa nasi tim dihidangkan dengan lauk lengkap. Contohnya, ayam giling dengan wortel iris kecil ditambah tempe iris kecil diberi tomat dimasak bumbu semur: bawang putih, sedikit pala, merica dan kecap. Hal ini sekaligus memperkenalkan aneka bumbu tapi yang tidak tajam rasanya. Bisa juga dengan bumbu lain seperti opor, sop dan soto, dengan isi lauk atau sayuran bervariasi. Atau, bisa juga diambil dari makanan keluarga, namun bentuk irisan atau potongannya lebih kecil dan ditambah sayuran iris lalu dimasak bersama kaldu sehingga menjadi nasi tim lengkap gizi.

Selingan pukul 10.00 dan 16.00
Bisa berupa buah atau kue yang diberikan secara bervariasi.
Pemberian susu sebaiknya saat bangun tidur pagi dan sebelum tidur malam, sehingga tidak mengganggu pemberian makanan dalam sehari.

Dengan pengaturan pola makan yang benar, kekurangan berat badan anak Anda, yakni sebesar 0,45 kg bisa terkejar. Karena, sesuai ketentuan berat badan anak usia 1 tahun adalah 3 kali berat lahirnya, yaitu 9,15 kg. Pada prinsipnya, begitu anak menginjak usia 1 tahun, dia sudah dapat mengkonsumsi makanan yang istilahnya 'Table Food' atau sama dengan makanan orang dewasa.

Hanya saja perlu diingat, sehubungan dengan istilah Table Food yang berasal dari negara barat, tentunya makanan orang dewasa di negara mereka tidak menjadi masalah dibandingkan makanan negara-negara di Asia (kecuali Jepang). Kenapa? Karena makanan orang di western countries kita kenal 'hambar' dibandingkan makanan kita tentunya.

Kadar garam yang terkandung di dalam makanan mereka relatif sedikit. Dan pemakaian gula sangat jarang dilakukan. Alangkah lebih baiknya kalau kita bisa tetap memperhatikan asupan makanan anak-anak kita. Jadi meskipun si kecil telah menginjak usia 1 tahun, sebaiknya pemasukan garam dan gula seminim mungkin. Bahkan lebih baik ditunda sampai mereka berusia 2 tahun.

Saat anak sudah berumur 1 tahun ke atas, sudah dibolehkan mengkonsumsi makanan laut seperti udang, kerang, cumi-cumi, dll. Tapi perlu diingat, apabila di keluarga kita ada sejarah alergi seafood, sebaiknya pemberian makanan laut kepada si kecil ditunda dulu.

Ok MOM....semoga bermanfaat dan MOM bisa simak juga beberapa Menu yang sudah haloMOM sajikan untuk anak/balita 1 tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...