haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com
1 2 3 4 5 6

Cari Blog Ini

Sabtu, 24 Januari 2015

Tips Alami Mengatasi Insomnia

halo MOM, Insomnia adalah ketidak mampuan untuk tidur atau tidur nyenyak di malam hari. Insomnia dapat disebabkan oleh berbagai hal termasuk stres, jet lag, kondisi kesehatan, obat-obatan yang MOM minum, atau bahkan jumlah kopi yang MOM minum.

Insomnia juga bisa disebabkan oleh gangguan tidur lain atau
kondisi kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

Tanda-tanda umum dan gejala insomnia meliputi:

Pertama
Sulit tidur di malam hari atau baru bisa kembali tidur setelah lama terjaga di malam hari.

Kedua
Sering terbangun di malam hari.

Ketiga
MOM perlu mengambil sesuatu (obat tidur, minum-minum, suplemen) untuk bisa tidur.

Keempat
Kantuk dan energi yang rendah di siang hari.

Apapun penyebab insomnia MOM, sadar akan kebiasaan tidur MOM dan belajar untuk rileks akan membantu MOM tidur lebih baik dan merasa lebih baik. Kebanyakan kasus insomnia dapat disembuhkan dengan perubahan pada diri MOM sendiri tanpa bergantung pada dokter atau obat tidur.

Lama waktu tidur idealnya sekitar 8 jam sehari. Namun ada banyak hal yang membuat kebiasaan tidur tersebut tidak dapat dilakukan. Pemicu umum bisa saja disebabkan oleh stres, tekanan pekerjaan, sampai pada pengaruh obat-obatan tertentu yang bisa membuat MOM susah tidur di malam hari. 

Awalnya mungkin MOM tidak terkena insomnia, namun karena kebiasaan tidur yang tidak beraturan tersebut mulai dapat mempengaruhi kehidupan MOM, padahal insomnia dapat memicu berbagai penyakit.

Yang Bisa MOM Lakukan Untuk Mengobati Insomnia?

Susu dan madu
Minum susu hangat dicampur madu dapat menjadi cara mengatasi insomnia paling efektif karena kandungan senyawa tryptophan dalam susu dapat membantu kerja serotonin dalam otak dan membuat tidur MOM menjadi lebih lelap.

Hindari kafein
Kafein mampu meningkatkan adrenalin dalam tubuh dan membuat MOM susah memejamkan mata. Menghindari kafein adalah salah satu cara mengatasi insomnia.

Jeda waktu setelah makan malam
Berikan jeda waktu 3-4 jam antara jam makan malam dengan jam tidur MOM. Sebelum 3-4 jam, makanan masih dalam proses pencernaan sehingga akan mengganggu tidur MOM.

Berendam air hangat
Berendam air hangat sebelum waktu tidur adalah cara mengatasi insomnia yang efektif karena dapat membuat MOM merasa relaks sekaligus menghilangkan rasa lelah setelah seharian beraktivitas.

Minyak lavender
Minyak lavender berfungsi sebagai tranquilizer ringan yang membuat MOM cepat tidur. 

Jadi MOM bisa mengoleskan minyak lavender di pelipis atau menyalakan aromaterapi lavender dalam ruang tidur MOM.

Hindari olahraga sebelum waktu tidur
Berikan jeda waktu kurang lebih 4 jam sebelum tidur, jika MOM ingin berolahraga. Olahraga dapat membuat badan MOM merasa aktif dan mungkin kelelahan, namun jika MOM terlalu lelahpun MOM tidak akan bisa tidur nyenyak.

Pijat relaksasi
Pijatan relaksasi dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat MOM merasa tenang. Perasaan ini akan membuat MOM mudah mengantuk.Itulah relaksasi cukup populer sebagai satu cara mengatasi insomnia.

Semoga bermanfaat ya MOM :)

#Family #Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...