haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com
1 2 3 4 5 6

Cari Blog Ini

Kamis, 05 Maret 2015

Aneka Pilihan Mainan Yang Cocok Untuk Bayi 2 Bulan

halo MOM, Begitu bayi lahir kedunia, dimulailah tugas orangtua untuk mendidik dan mengasuhnya hingga menjadi manusia yang berguna dan berakhlak baik. Banyak sekali pola asuh dan aneka metode, salah satunya adalah metode pengasuhan pada saat bayi masih di usia 2 bulan. Perlu orang tua ketahui bahwa pada bulan bulan pertama, sebelum bayi belajar untuk duduk ataupun
menangkap objek, bayi akan terlebih dahulu belajar mendengar dan melihat.

Pada perkembangan bulan pertama kemampuan bayi melihat dengan jelas ada pada jarak 30 cm, selanjutnya kemampuan melihat bayi akan terus meningkat pada perjalanan menjelang bulan kedua hingga mencapai 37-38 cm. Pada usia ini bayi akan mulai tertarik pada wajah manusia begitu juga dengan daya ingat wajah seseorang yang sudah mulai terekam hingga dapat mengenali orang tua.

Di zaman modern seperti ini, perkembangan games bayi juga semakin beragam dari yang tadinya permainan tradisional mengalami perubahan menjadi permainan modern. Semua produsen mainan berlomba untuk mengkreasikan berbagai macam aneka mainan sampai saat ini telah berkembang lagi menjadi beraneka macam games bayi.

Benda-benda dengan warna-warna cerah memiliki daya tarik untuk bayi di usia ini. Selain itu suara dan musik lembut sudah mulai dia kenali dan mencari sumber suara bunyi tersebut. Benda-benda yang bergerak perlahan dan menghasilkan suara lembut jauh lebih menarik bagi bayi dari pada benda yang tetap dan diam. Meskipun pada dasarnya mainan di bulan ke dua kelahiran bayi belum berfungsi secara optimal diarenakan bayi lebih banyak menghabiskan waktu tidur bukan tidak mungkin orang tua memilih beberapa mainan yang dapat membuatnya lebih nyaman dan tidak rewel

Perlu dipahami juga bahwa masa 0-18 bulan bayi dalam fase oral. Carilah mainan dengan menghasilkan suara lembut tidak terlalu keras sehingga mengganggu pendengarannya.

Pilihan Mainan berikut bisa MOM jadikan referensi untuk mengasuh buah hati MOM di usia 2 bulan:

Mainan yang digantung
Warna warni yang dihasilkan dari mainan yang digantung menjadi daya tarik tersendiri untuk bayi. Mainan yang digantung akan menstimulasi penglihatan bayi. Perhatikan keamanan ketika mencoba menyentuhnya usahakan dalam ikatan yang kuat sehingga mainan tersebut tidak jatuh menimpa bayi orang tua.

Kotak musik
Musik adalah salah satu cara terbaik untuk menghibur dan menenangkan bayi. Memainkan berbagai jenis musik yang lembut dapat menyempurnakan pendengarannya. Letakan kotak musik jangan terlalu didekatkan di telinganya dan atur volumenya sehingga tidak terlalu keras.

Boneka karet dengan bahan lembut
Dengan media boneka orang tua dapat mengajak bayi untuk berbicara, pada usia ini mata bayi sudah memainkan peranan kontak mata. Kemampuan untuk mengenali orang disekitarnya sangat membantu orang tua dalam mengajaknya berbicara. Ajaklah bayi orang tua berbicara disela-sela aktivitasnya ketika sedang mengenakan baju atau dia sedang terjaga sehingga membuatnya mengenali suara orang tua dan dapat merespon kemampuannya di bulan selanjutnya.

Buku lembut dengan pola kontras tinggi
Buku lembut dengan mudah melihat pola atau dekorasi yang dirancang hanya untuk bayi. Berbaringlah di sampingnya sehingga dia bisa melihat Orang tua membalik halaman saat orang tua membaca keras-keras padanya. Sehingga secara tidak langsung orang tua telah melatih emosinya, apalagi di bulan ke dua emosi bayi sudah mulai ditunjukan tidak hanya menangis akan tetapi juga sudah bisa tersenyum.

Semoga Bermanfaat ya MOM :)

#Kids #Bermaindanmain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...