haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com
1 2 3 4 5 6

Cari Blog Ini

Kamis, 12 Maret 2015

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin dan Mineral yang Penting Untuk Tubuh

Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin dan Mineral yang Penting Untuk Tubuh
Makanan bervitamin
haloMOM, Kebutuhan akan hidup sehat belakangan memang santer digalakkan. Pola hidup tak sehat membuat beberapa orang mengalami dampaknya. Sebut saja berat badan yang tak seimbang akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji maupun camilan manis yang berlebihan. Selain itu keberadaan gadget yang kian menjamur menambah tingkat kemalasan dan membuat
beberapa orang enggan beraktivitas atau bergerak.

Perlahan setiap orang berupaya untuk mengembalikan pola makan sehatnya. Salah satunya dengan menghadirkan beberapa makanan kaya gizi dalam setiap sajian. Kabar baiknya beberapa nutrisi seperti vitamin dan mineral ternyata bisa diperoleh dari makanan. 

Berikut adalah sumber Nutrisi Vitamin Dan Mineral yang diperlukan untuk tubuh : 

Vitamin A 
Di urutan pertama kamu dapat menemukan vitamin A. Menurut Joy Yagi, MS, master nutrisi dari Bastyr University, vitamin A memiliki peran yang amat penting untuk mendukung kesehatan mata, meningkatkan imun tubuh serta baik untuk reproduksi.

Sumber vitamin A dapat diperoleh dari makanan yang berwarna oranye, kuning dan merah, seperti ubi manis, wortel dan buah vitamin A, yaitu mangga dan jeruk.

Vitamin B 
Selain vitamin A, kamu juga bisa memperoleh sumber vitamin B khususnya vitamin B12 dari makanan. Joy Yogi menyebutkan vitamin B12 membantu menjaga kesehatan sistem saraf dan produksi sel darah merah, sehingga dapat menjauhkan diri dari risiko terkena anemia.

Sumber Vitamin B12 adalah Vitamin B12 banyak bersumber dari ikan, daging, unggas, telur dan susu

Vitamin C 
Berikutnya ada vitamin C yang berperan penting menjaga daya tahan tubuh.

Sumber vitamin C adalah Jeruk, karena merupakan sumber terbaik vitamin C. Namun begitu, buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah, oranye dan hijau juga tak kalah melimpah kandungan vitamin C-nya. Misalnya saja buah pepaya, brokoli, stoberi, bayam dan paprika

Kalsium 
Selain vitamin, tubuh juga memerlukan mineral yang juga penting untuk menunjang metabolisme maupun sistem tubuh. Salah satunya adalah kalsium. Kalsium tidak semata penting untuk menunjang kesehatan tulang. Lebih dari itu, kalsium juga memiliki peran aktif untuk menjaga kesehatan otot, sistem saraf dan melancarkan proses metabolisme.

Sumber Kalsium ditemukan dalam susu dan sayuran hijau seperti bayam.

Zink 
Tak jauh beda dengan kalsium, zink memiliki peran meningkatkan kekebalan tubuh agar tak mudah diserang bakteri maupun virus.

Sumber Mineral ini cukup melimpah dalam makanan laut, khususnya kerang. Di samping itu, kedelai, kacang, gandum dan susu juga menjadi sumber zink yang cukup baik.

Semoga Bermanfaat ya MOM

#AllAboutMOM #Kesehatan #Family #Kids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...