haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com
1 2 3 4 5 6

Cari Blog Ini

Selasa, 17 Maret 2015

Tips Memiliki Tulang yang Sehat dan Kuat

haloMOM-Tips Memiliki Tulang yang Sehat dan Kuat
haloMOM, Semakin bertambahnya usia, semakin bertambah pula usia tulang-tulang tubuh kita. Sehingga perlu juga dilakukan langkah-langkah perawatan agar tetep kuat dan sehat. Tulang yang kuat akan membuat kita bisa gesit melakukan pergerakan dan mencegah terjadinya osteoporosis/pengkeroposan tulang.


Berbicara tentang gerakan erat kaitannya dengan tulang yang kuat. Mendapatkan tulang sehat tentu butuh perjuangan. Berikut Tipsnya :

Makan sumber nutrisi tulang 
Hal pertama yang mesti MOM lakukan adalah banyak mengonsumsi makanan yang baik untuk menunjang kesehatan tulang. Tulang membutuhkan nutrisi penting seperti vitamin D, vitamin C, magnesium, fosfor dan kalsium. MOM dapat memperoleh sumber nutrisi ini dari kale, bayam, wortel, almond, raspberries, sirsak, salmon, udang dan juga air kelapa.

Jauhi asupan penyebab inflamasi 
Selain menjaga tulang dengan makanan yang menyehatkan, MOM juga perlu menjauhi makanan yang bisa mendekatkan pada risiko gangguan pada tulang seperti inflamasi. Gula dan gluten adalah sumber makanan yang bisa memicu timbulnya peradangan.

Menu makan seimbang 
Menurut Dana James 65 persen asupan dalam tubuh harus berasal dari tanaman. Sayuran dan buah-buahan memiliki sifat basa yang bisa menjaga pH darah tetap seimbang. Sisanya diperoleh dari protein, kacang-kacangan dan biji-bijian yang lebih bersifat asam. Perpaduan yang seimbang ini membuat pH darah normal tanpa perlu khawatir menghilangkan kandungan mineral yang ada pada tulang. Selain dimakan langsung, MOM dapat membuat jus buah untuk memanfaatkan fungsi buah yang penting buat kesehatan tulang.

Hindari stres 
Siapa sangka jika stres ternyata juga berimbas pada kesehatan tulang? Stres menyebabkan produksi hormon kortisol meningkat. Akibat produksi berlebihan kortisol ini membuat penguraian kalsium meningkat dan pembaruan sel-sel tulang menjadi terhambat. Padahal proses ini amat penting untuk membentuk tulang yang sehat, padat dan tentunya kuat.

Ayo MOM kita miliki tulang yang sehat dan kuat sampai tua nanti :)

Semoga Bermanfaat ya MOM

#AllAboutMOM #Family #Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...