haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com
1 2 3 4 5 6

Cari Blog Ini

Selasa, 10 Februari 2015

12 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil sebelum Berenang

halo MOM, berenang merupakan salah satu olahraga ringan yang aman dan baik untuk ibu hamil, Meskipun demikian, ada rambu-rambu yang harus MOM perhatikan sebelum mulai berenang. Berikut adalah beberapa tips yang harus dilakukan oleh ibu hamil ketika berenang antara lain:

Pertama
Minum cukup air putih sebelum berenang, setiap 20 menit saat berenang dan setelah selesai berenang untuk menghindari dehidrasi.

Kedua
Pastikan kondisi tubuh MOM dalam keadaan sehat dan fit.

Ketiga
Gunakan baju renang yang nyaman dengan kondisi perut MOM, jangan gunakan pakaian renang yang terlalu ketat.

Keempat
Jika ibu sebelum hamil sudah rutin berenang, aktivitas tersebut tentu tidak akan menjadi masalah jika dilanjutkan ketika benar-benar sudah berbadan dua. Namun kalau ibu sebelumnya tidak atau jarang berenang, konsultasikan dulu ke dokter atau bidan. Sebaiknya ibu jangan terburu-buru berenang. Mulailah dengan pemanasan dan pendinginan.

Kelima
Untuk MOM yang kehamilannya masih di trimester pertama, dianjurkan berenang 30 menit saja setiap harinya. Berenang baik dilakukan pagi hari untuk mengurangi mual dan muntah yang biasanya muncul di waktu tersebut. Berenang pagi hari juga bisa menambah energi ibu untuk beraktivitas sepanjang hari.

Keenam
Sedangkan bagi ibu yang kehamilannya sudah trimester kedua, tidak ada batasan tertentu saat berenang. Kalaupun ada yang dibutuhkan adalah baju berenang khusus ibu hamil agar lebih nyaman untuk ibu bergerak.

Ketujuh
Ibu yang kehamilannya sudah trimester ketiga, berenang dengan gaya dada bisa bermanfaat. Gaya renang tersebut membuat tubuh terasa lebih ringan meskipun perut sudah membesar. Gaya ini juga dapat melancarkan peredaran darah dan mengurangi bengkak di kaki.

Kedelapan
Tidak semua gerakan renang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Posisi gerakan terbaik yang bisa dilakukan adalah gaya dada. Gaya ini tidak memerlukan rotasi batang tubuh dan tidak terlalu memerlukan banyak tenaga. Selain itu bisa mengatasi ketegangan di bagian belakang karena berat perut saat kehamilan.Selain gaya dada, gaya lain yang juga bisa dilakukan ibu saat berenang adalah gaya bebas dan punggung. Gaya bebas tidak membuat ibu mengeluarkan tenaga berlebihan di bagian pinggang dan perut. 

Pengaturan pernapasan yang dilakukan saat melakukan gaya tersebut juga dapat membantu ibu melatih pernapasan untuk persalinan. Sedangkan gaya punggung baik dilakukan jika kehamilan sudah memasuki trimester kedua dan ketiga. Gaya tersebut membuat tubuh ibu lebih rileks karena ibu berada dalam posisi terlentang di atas permukaan air.

Kesembilan
Cermati kondisi fisik ketika sedang berolahraga. Ketika tubuh memberikan sinyal lelah, segera beristirahatlah. Apalagi bila merasakan tegang di sekitar wilayah perut. Bisa-bisa terjadi kontraksi.

Kesepuluh
Waspadai kondisi air kolam renang. Pilih kolam dengan kualitas air yang baik. Air yang tercemar berisiko menyebabkan infeksi.

Kesebelas
Waspadai area di sekitar kolam renang, sebab keseimbangan ibu hamil berkurang. Dikhawatirkan ketika berjalan di tepi kolam ibu bisa terpeleset.

Keduabelas
Hindari melompat langsung ke dalam kolam. Cara itu membuat tekanan air ke vagina besar sehingga dikhawatirkan akan merusak selaput yang melindungi janin. Jadi turunlah ke kolam renang lewat tangga yang ada.

#PregnancynBirth #OlahRaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...