haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com
1 2 3 4 5 6

Cari Blog Ini

Kamis, 05 Februari 2015

Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil


halo MOM, Wanita hamil harus mempunyai kebiasaan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat . Memilih makanan sehat ibu hamil merupakan salah satu hal yang harus segera dilakukan sesaat setelah ibu mengetahui bahwa dirinya tengah mengandung. Mengkonsumsi makanan sehat merupakan persiapan yang paling awal dilakukan untuk menjaga ketersediaan nutrisi di dalam tubuh
ibu hamil.

Nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil berbeda dengan nutrisi yang diperlukan oleh wanita biasa. Ibu hamil membutuhkan nutrisi dua kali lipat lebih banyak daripada nutrisi yang dibutuhkan oleh wanita biasa. Nutrisi pada ibu hamil harus mencukupi kebutuhan tubuh ibu hamil dan janin agar kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan dapat terjaga. Bisa dikatakan bahwa ibu hamil dan janin merupakan sebuah sistem simbiosis yang saling ketergantungan. Jika salah satunya tidak memiliki kebutuhan nutrisi yang cukup maka dapat berpengaruh satu sama lain.

Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan sangat banyak, dua kali lipat daripada kebutuhan wanita biasa. Namun hal ini tidak terlalu diperhatikan oleh ibu hamil. Mengkonsumsi makanan dengan porsi dua kali lipat daripada porsi biasa belum tentu mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh justru bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Makanan yang tidak bergizi dan dikonsumsi dalam jumlah yang banyak justru akan membuat sistem pencernaan ibu hamil harus bekerja dua kali lipat lebih berat dalam proses mencerna makanan. Apalagi selama masa kehamilan, sistem pencernaan ibu hamil seperti usus besar, usus kecil, dan lambung akan terhimpit oleh janin yang tumbuh di dalam rahim. Rahim yang semakin membesar akan menghambat pola kerja sistem pencernaan dan membuat sistem pencernaan tidak bisa melaksanakan tugasnya sebagaimana mestinya.

Wanita hamil harus benar-benar selektif dalam memilih makanan untuk menjaga keseimbangan kandungannya. Wanita hamil harus memahami setiap asupan makanan yang mengandung nutrisi dan tidak sembarangan makan makanan yang dapat membahayakan janin dan dirinya. Wanita hamil harus semakin peduli dengan kesehatan dirinya dan janin yang dikandungnya agar bisa melewati proses kehamilan dengan baik dan sehat.

Berikut adalah daftar makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa MOM siapkan:

Kacang-kacangan 
bisa menjadi sumber sehat berbagai hal yang diperlukan tubuh seperti serat, protein, zat besi, folate, kalsium, dan juga zinc sehingga sangat cocok untuk ibu yang sedang hamil. Selain itu kacang-kacangan juga memiliki sumber mineral yang diperlukan untuk tumbuh kembang janin di trimester pertama.

Daging
sebagai supply sumber protein hewani, vitamin B12, B6, dan niacin. Kandungan colin pada daging akan membantu perkembangan otak dan fungsi kognitif janin.

Ikan
Berbagai jenis ikan dapat memberikan nutrisi yang membantu perkembangan merangkai jaringan otak bayi dengan baik dan setelah lahir dan tumbuh dapat menjadi bayi yang cerdas.

Sayuran
Brokoli karena mengandung folate, serat, kalsium, lutein, zeaxanthin, serta karotenoid yang sangat baik untuk membentuk penglihatan bayi, membantu tekanan darah MOM dalam kondisi normal.

Berries 
Kandungan vitamin C, potassium, folate, serat, dan juga antioksidan yang tinggi bermanfaat sekali untuk menjaga sel tubuh si ibu dan calon buah hati dari kerusakan.

Namun makanan yang direkomendasikanpun bisa jadi berbahaya jika pengolahannya salah.

Berikut Tipsnya:

Kacang-kacangan dimasak dengan matang
Daging harus benar-benar matang
Ikan harus dicuci bersih dan harus pilih yang kondisinya segar, kalau bisa beli yang masih hidup
Sayuran harus dicuci bersih dan pilihlah yang benar-benar segar
Berries harus dicuci bersih dan segar

Semoga bermanfaat ya MOM :)

#Pregnancy #Makanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...