haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com
1 2 3 4 5 6

Cari Blog Ini

Rabu, 04 Februari 2015

Bolehkan Anak Mengkomsumsi Junk Food?

halo MOM, Siapa yang tidak suka makan junk food? semua orang pasti menyukainya apalagi sekarang banyak iklan televisi seputar makanan-makanan cepat saji, betapa sangat khawatirnya jika anak-anak mereka kencanduan junk food.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan Junk Food ? Alangkah
kejamnya menyebut makanan sebagai “sampah”. Padahal makanan tersebut lezat dan sama sekali belum basi hehehe. Yang dimaksud junk food, adalah makanan yang mengandung tinggi garam, gula, lemak jenuh, berkalori tinggi, dan biasanya tidak mempunyai nilai gizi. Dengan demikian, tubuh tidak akan mengubah apapun dari junk food menjadi tulang, otot, atau jaringan tubuh lain yang sehat.

Padahal jenis makanan ini sangat digemari oleh anak-anak yang seharusnya membutuhkan gizi lengkap untuk pertumbuhannya. Burger, keripik kentang, soft drink, dan makanan cepat saji seperti fried chicken, nugget, dan lainnya memang mengandung lemak, karbohidrat, protein, dan lain-lain, namun kandungan lemak di dalamnya adalah lemak jenuh, dengan banyak kandungan garam dan gula. Sehingga makanan-makanan tersebut bukanlah makanan yang dapat memenuhi gizi seimbang. Oleh karena itu, diperlukan edukasi kepada anak mengenai junk food, serta peran orang tua yang tentunya memiliki andil besar dalam hal ini.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi junk food pada anak:

Memasak Sendiri di Rumah dengan Menyediakan Menu yang Sehat
Mulai saat ini sediakan makanan sehat di rumah. berbagai jenis makanan seperti cake, puding, buah, dan makanan lainnya dapat MOM kreasikan dengan resep-resep yang banyak mengandung bahan makanan yang sehat. Sediakan makanan-makanan tersebut di rumah, agar anak tidak menginginkan jajanan dari luar. Selain itu Jika mereka masih menginginkan junk food yang mereka sukai, MOM jangan langsung menghilangkannya.

MOM bisa membuat kreasi junk food tentunya dengan bahan makanan yang lebih sehat. Misalnya burger, MOM bisa membuat burger dengan roti yang telah MOM buat dengan isian yang lebih sehat. Misalnya daging cincang yang telah dipadukan dengan irisan sayur. Selain itu, bisa ditambahkan pula dengan irisan tomat segar dan selada. Untuk mengakali jenis saus tomat dan mayonaisenya, MOM bisa membuat sendiri dengan komposisi bahan yang alami tentunya. Hasilnya adalah sebuah burger sehat. MOM juga bisa mengajak anak MOM waktu memasak makanan tersebut. Biasanya mereka tertarik untuk melakukan hal yang baru.

Isilah Kulkas dengan Makanan Sehat
Sebisa mungkin batasi jumlah asupan junk food dengan tidak menyediakan makanan tersebut di rumah. Makanan yang ada di rumah merupakan tanggung jawab orang tua. Isilah kulkas atau lemari makanan dengan makanan sehat, seperti buah-buahan dan camilan sehat. Jadi kebiasaan untuk menghindari junk food sebaiknya dimulai dari rumah. Jangan Menjanjikan Anak Pergi Makan Junk Food Sering sekali tanpa kita sadari suka sekali bilang ke anak “ayo belajar yang rajin nanti kita ajak makan bla bla bla.......” atau terkadang MOM menyuruh untuk membantu pekerjaan MOM atau agar anak patuh dengan permintaan dan nasihat MOM, yaitu dengan memberikan reward berupa jajanan (junk food). Mulai sekarang ubahlah kebiasaan tersebut. Berikan reward lain misalnya, MOM akan membuatkan makanan kesukaannya yang MOM masak sendiri. Di samping itu dapat pula berikan jenis imbalan lain yang lebih tepat dan fungsional untuk anak MOM.

Semoga bermanfaat ya MOM :)

#Kids #Makanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...