haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com
1 2 3 4 5 6

Cari Blog Ini

Selasa, 03 Februari 2015

Cara Membuat MPASI Hemat (Bagian 2 - Habis)


halo MOM, Setelah usia si kecil 6 bulan, ASI (Air Susu Ibu) tidak bisa mencukupi nutrisi bayi secara lengkap. Ia membutuhkan tambahan makanan lain untuk mencukupi nutrisinya. Makanan ini disebut makanan pendamping ASI (MPASI). Namun, banyak ibu yang masih bingung dalam pengenalan MPASI pada buah hatinya.

Setelah si kecil mendapatkan ASI eksklusif hingga usia 6 bulan, tiba saatnya ia mendapatkan makanan tambahan atau yang akrab disebut makanan pendamping ASI (MPASI). Sayangnya, tak semua ibu memahami hal ini. Bahkan, ada yang sudah memberi makanan pendamping ASI saat usia si kecil belum genap 6 bulan. Alasan pemberian makanan pendamping di usia 6 bulan ini, yakni pada usia tersebut kebutuhan gizi bayi semakin meningkat dan ASI sudah tidak bisa mencukupi semua kebutuhan nutrisinya. Selain itu, di usianya yang 6 bulan ini, si kecil juga sudah memiliki pencernaan yang lebih siap untuk mencerna makanan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Beberapa ibu sering merasa bingung untuk memberi MPASI bagi si kecil. Apalagi bagi ibu baru yang belum berpengalaman mengasuh buah hati. Memang, saat ini banyak sekali produk MPASI instan yang beredar di pasaran. Namun, tak semua ibu dan anak merasa cocok dengan produk-produk tersebut. Ada ibu yang memang menginginkan MPASI buatan sendiri untuk si kecil atau memang si kecil tak mau dengan produk MPASI instan sehingga harus dibuatkan sendiri.

Membuatkan MPASI buatan sendiri atau yang kemudian lebih dikenal MPASI rumahan ini sering membuat ibu merasa repot. Ibu harus mengurus si kecil, memasak untuk keluarga, menyelesaikan pekerjaan rumah, dan ditambah kini harus menyediakan makanan MPASI untuk si kecil. Kalau ibu tidak pintar mengatur waktu dan memilih resep MPASI yang mudah dan cepat disajikan untuk si kecil memang terasa merepotkan. Banyak kok, makanan pendamping yang mudah dan cepat dibuat, bahkan nilai gizinya tak diragukan lagi. Lalu MPASI apa yang dapat dibuat dengan cepat dan mudah untuk diberikan kepada si kecil di 6 bulan pertama ini?

Untuk itu disini akan disajikan beberapa pilihan MPASI yang bisa dibuat dengan cara Hemat , mudah dan cepat, dengan begini menghemat waktu karena tidak setiap hari dibuatnya dan juga menghemat biaya karena bisa dilakukan dengan bersamaan.

Berikut ini ada beberapa contoh resep MPASI yang bisa MOM coba untuk si kecil di usia 6 bulan. Karena baru mulai dikenalkan makanan, sebaiknya makanan pendamping yang diberikan bersifat encer dengan porsi yang kecil, yakni 2-3 sendok makan setiap kali makan. MOM bisa mengenalkan pure saat pemberian MPASI kepada si kecil di usianya 6 bulan ini. Pure adalah bahan makanan yang dijadikan lebih lembut supaya aman untuk dikonsumsi bayi. Beberapa resep pure di bawah ini bisa ibu coba. Resep pure ini cukup sederhana, bahannya mudah didapatkan dan cara penyajiannya pun cepat dan mudah.

MOM bisa mencoba salah satu resep dari beberapa resep Hemat MPASI mudah yaitu :
(baca selengkapnya di sini)

Semoga bermanfaat ya MOM :)

#MOMnBaby #MPASI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...