haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com
1 2 3 4 5 6

Cari Blog Ini

Kamis, 05 Februari 2015

Menjaga Kesehatan Fisik Dan Psikologi Ibu Hamil


halo MOM, Menjaga kesehatan ibu hamil menjadi perihal yang sangat penting bagi siapapun. Ibu hamil biasanya akan sangat rentan terhadap hal-hal yang asing yang bisa memicu terjadinya gangguan pada ibu dan juga janin yang dikandungnya. Oleh karena kehamilan perlu dijaga dengan baik agar masa kehamilan menjadi masa yang menyenangkan hingga pada saat masa persalinan.

Menjaga kesehatan pada saat kehamilan dilakukan dari ujung rambut hingga ujung kaki selain pola makan pun menjadi target dalam menjaga kesehatan pada masa kehamilan. Kehamilan yang sehat akan membawa dampak yang baik bagi ibu dan bayi, selain itu bisa memperkecil segala kemungkinan resiko yang akan terjadi.

Hamil yang sehat merupakan impian para wanita karena masa kehamilan merupakan periode paling penting sebelum akhirnya menjadi seorang ibu. Masa kehamilan juga merupakan masa-masa terbaik bagi seorang wanita karena banyak orang beranggapan bahwa sudah menjadi kodrat seorang wanita untuk melahirkan. Anggapan seperti ini menjadikan wanita menjadi sosok yang mulia karena memiliki kemampuan yang luar biasa karena di dalam tubuh wanita diangerahi kemampuan luar biasa untuk menciptakan sebuah kehidupan. Karena kemampuan yang dimiliki ini wanita merasa perlu untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan. 

Hamil sehat menjadi sebuah masa yang sangat diidampamkan karena jika kondisi kesehatan selama periode kehamilan dapat terjaga maka segala resiko yang bisa terjadi selama periode kehamilan bisa ditangani. Dalam seluruh tahap periode kehamilan, wanita memiliki resiko yang sangat besar dalam pertumbuhan janin di dalam kandungan. Kesehatan dan keselamatan bayi sepenuhnya menjadi tanggungjawab wanita selama periode kehamilan.

Tidak hanya makanan yang harus dijaga, masalah psikologis pun harus pula diperhatikan. Misalnya saja masalah emosi yang labil, karena hormon saat hamil sedang tidak stabil maka menstabilkan emosi butuh ekstra tenaga, salah satunya adalah pengaruh dirinya yang harus semakin menjaga setiap tindakan yang akan menghasilkan stress, selain itu tentu saja pihak luar, Misalnya suami, harus pula menciptakan suasana yang nyaman bagi calon ibu seperti misalnya memanjakan si ibu. Lagi-lagi, apapun yang diminta si ibu hamil muda selalu berusaha dipenuhi.

Berikut tips yang bisa diikuti untuk menjaga kesehatan ibu hamil, baik secara psikologis ataupun secara fisik

Secara psikis

Langkah 1
Mulailah untuk menyiapkan kesabaran untuk menghadapi berbagai persoalan. Hindari panik dan stress.

Langkah 2
Berliburlah dan lepaskan himpitan emosi.

Langkah 3
Berbicara dan komunikasi yang baik dengan membuat MOM lebih nyaman.

Langkah 4
Menangislah namun MOM harus mengendalikan tangisan MOM.

Langkah 5
Tetaplah mandiri. Hamil muda bukan berarti MOM harus manja.

Secara fisik

Langkah 1
Mulailah mencari tahu mengenai masalah kesehatan yang dimiliki dan bagaimana solusi paling aman.

Langkah 2
Mulailah mengkonsumsi buah dan sayur.

Langkah 3
Berhentilah merokok!

Langkah 4
Jika MOM merasa mual, bukan berarti MOM tidak makan.

Langkah 5
Tidur yang cukup, istirahat yang cukup.

Semoga bermanfaat ya MOM :)

#Pregnancy #Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...