haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com
1 2 3 4 5 6

Cari Blog Ini

Rabu, 18 Februari 2015

Aneka Mitos dan Fakta Seputar Persalinan (Bagian 4 - Habis)

halo MOM, Di Indonesia, banyak sekali mitos (larangan) yang berkembang, banyaknya aneka ragam budaya merupakan ciri khas dari setiap budaya yang ada. Salah satu keanekaragaman budaya tersebut adalah adanya mitos, tradisi ini sangat kuat dan diwariskan secara turun temurun kepada kita dan masyarakat luas, sehingga menjadi tradisi yang sulit untuk dihilangkan, terutama di daerah
pedesaan banyak sekali mitos tentang seputar kehamilan, persalinan dan bayi baru lahir, mitos ini dapat berupa kegiatan sehari-hari ataupun dapat berupa larangan atau pantangan yang tidak boleh dilakukan.

Beberapa mitos bahkan dipercaya apabila tidak ditaati akan menimbulkan dampak yang tidak menyenangkan atau berakibat buruk . Padahal jika dinalar dengan akal sehat dan diteliti dari segi medis banyak mitos yang tidak masuk akal dan tidak berhubungan sama sekali. Walaupun maksudnya baik tetapi tidak semua dari larangan atau pantangan tersebut benar secara medis maupun ilmiah, justru kebanyakan hanya mitos belaka. Berikut adalah beberapa mitos lanjutan dari Aneka Mitos dan Fakta Seputar Persalinan yang sebelumnya dimuat di bagian 1, Bagian 2 dan Bagian 3

Naik pesawat dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur.
Fakta: Belum ada bukti mengenai tingginya tekanan udara di kabin pesawat dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur. Akan tetapi dianjurkan agar MOMs hamil berdiri dan berjalan sesekali untuk mencegah kejadian sumbatan vena pada kaki karena duduk terlalu lama.

Ibu hamil tidak boleh bermain-main dengan kucing.
Fakta: Parasit yang berbahaya bagi janin bernama toksoplasma. Parasit ini banyak terdapat pada kotoran kucing, daging mentah, dan tanah. Jika anda memelihara kucing, hindari untuk terkena kotorannya. Hindari juga untuk terpapar dengan tanah, daging mentah, produksi pangan yang tidak dicuci, dan gunakanlah sarung tangan jika ingin berkebun.

Ibu hamil tidak boleh rebonding atau mengecat rambut.
Fakta: Zat kimia yang terdapat pada obat rebonding atau cat rambut sangat kecil kemungkinannya untuk masuk ke tubuh melalui kulit kepala. Yang perlu menjadi perhatian adalah uap dan bau yang dihasilkan dari obat tersebut. Akan tetapi, penelitian belum dapat membuktikan bahwa zat ini dapat berbahaya bagi janin, kecuali jika terpapar selama 3 hari berturut-turut atau lebih.

Cat kuku berbahaya bagi MOMs hamil.
Fakta: Zat yang berbahaya pada cat kuku adalah phthalates. Zat ini tidak hanya dapat ditemukan pada cat kuku, namun juga terdapat pada hairspray, deodorant, dan alat perawatan kecantikan lainnya, termasuk pengharum ruangan. Walaupun berbagai penelitian tidak memberikan bukti yang nyata, namun banyak penelitian yang membuktikan bahwa zat phthalates dapat mengganggu zat endokrin pada tubuh, zat yang berperan dalam pertumbuhan dan jenis kelamin. Penelitian di University of Rochester pada tahun 2005 membuktikan bahwa semakin besar paparan MOM hamil terhadap zat phthalates, semakin besar resiko untuk janinnya mempunyai kelainan jenis kelamin.

Obat perawatan kulit dapat menyebabkan keguguran dan cacat janin.
Fakta: Obat yang dapat menyebabkan demikian adalah obat jerawat retinoid, yang sebetulnya hanya dapat dibeli melalui peresepan dokter. Obat ini dapat menyebabkan cacat janin.

Merokok dapat membuat keguguran dan cacat janin.
Fakta: Merokok buruk bagi kesehatan MOM dan janin, dapat menyebabkan bayi dengan berat badan lahir rendah dan prematur. Perkembangan bayi ini juga akan mengalami banyak masalah seperti retardasi mental, serebral palsi, dan ketidakmampuan belajar.

Produk perawatan kulit ada yang dapat menghilangkan stretch mark.
Fakta: Tidak semua orang bisa mendapatkan efek ini. Stretch marks lebih dipengaruhi oleh factor genetik dan peningkatan berat badan.

Setelah melahirkan tidak boleh terlalu banyak bergerak.

Fakta: Apabila kondisi MOMs baik, 8 jam pertama setelah melahirkan sudah dapat BAB dan BAK serta selera makan baik, maka semakin cepat MOMs melakukan aktifitas seperti biasa semakin baik. Pada saat berbaring, kedua kaki disarankan untuk dalam posisi lurus, tidak saling tumpang tindih atau ditekuk.

Tidak boleh terlalu lelah.
Fakta: Produksi ASI dapat berkurang apabila MOM kelelahan.

Semoga Bermanfaat ya MOM, dan Silahkan baca juga Aneka Mitos dan Fakta Seputar Persalinan sebelumnya Bagian 1, Bagian 2 dan Bagian 3

#Pregnancynbirth #Persalinan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...