haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com
1 2 3 4 5 6

Cari Blog Ini

Sabtu, 28 Februari 2015

Anak MOM susah makan? Ini Cara Mengatasinya.....

halo MOM, Awalnya makan merupakan suatu hal yang menyenangkan bagi anak-anak kemudian seiring bertambahnya usia, anak-anak yang berusia satu tahun akan memasuki masa dimana tiba-tiba tanpa dapat diketahui sebab pastinya anak-anak menjadi rewel dengan makanan.


Ketika anak MOM menolak setiap makanan sehat yang dihidangkan orang tua atau meminta makanan yang persis sama pada setiap waktu makan, maka selaku orang tua terutama MOM harus pandai untuk mensiasati anak-anak yang mengalami kesulitan dalam masalah makan.

Dan berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diketahui selaku orang tua untuk menjaga asupan gizi sekaligus juga melatih anak-anak pada usia satu tahun agar mau mengkonsumsi makanan yang dihidangkan.
  • Jadwalkan waktu yang teratur untuk makanan dan kudapan: tiga kali makanan utama dan dua atau tiga kali kudapan setiap hari.
  • Hidangkan makanan yang sama kepada anak anak MOM yang berusia satu tahun seperti yang dimakan oleh anggota keluarga yang lain pada saat yang sama.
  • Tawarkan beragam menu makanan segar dari semua kelompok makanan utama.
  • Ibu harus pandai untuk mengaturmenu makanan bayi, sediakan pilihan citarasa, warna dan tekstur yang kreatif dan atur makanan untuk menciptakan daya tarik visual.
  • Izinkan anak anak yang berusia satu tahun untuk merespon tanda-tanda internal mereka sendiri terhadap lapar dan kenyang jangan memaksakan saat memberi mereka makanan.
  • Tawarkan sedikit makanan yang kaya nutrisi setiap kalinya; hindari menawarkan makanan yang mempunyai kandungan kalori yang tinggi namun rendah nutrisi.
  • Usahakan untuk membuat waktu makan menyenangkan dan hindari makanan yang mungkin menyebabkan tersedak seperti buah anggur, roti sosis, jagung berondong, kacang, wortel mentah dan permen keras.
  • Batasi anak-anak untuk mengkonsumsi jus dan minuman-minuman manis lainnya.
  • Jadilah panutan yang baik dengan MOM sendiri mengkonsumsi makanan sehat.
Satu hal lain yang tidak boleh diabaikan ketika anak anak mengalami masalah kesuitan makan adalah memberikan susu sebagai tambahan makanan bagi anak anak di usia satu tahun. Mengkonsumsi susu sangat bagus pada anak usia satu tahun. Selain sebagai tambahan vitamin D yang bermanfaat bagi pembentukan dan memperkuat tulang dan gigi.

Pada saat anak telah berusia antara satu dan dua tahun, anak-anak bisa minum susu utuh yang mengandung lemak-lemak makanan dengan tambahan zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan normal dan perkembangan otak. Setelah berusia lebih dari satu tahun produk-produk olahan susu juga dapat diberikan karena bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalsium untuk tulang dan gigi yang sedang tumbuh.

Dengan mengetahui informasi di atas maka, MOM diharapkan telah mengerti mengenai pengetahuan tentang kesehatan pada anak usia satu tahun terutama dalam hal pemberian makanan dengan gizi lengkap dan seimbang. Pengetahuan ini menjadi sangat penting karena pada usia satu tahun anak-anak masih dalam usia aktif bergerak dan bereksplorasi. Dan satu hal lagi bahwa kesehatan anaktidak hanya menjadi tanggung jawab bagi MOM sendiri, tetapi juga merupakan tanggung jawab suami sebagai kepala rumah tangga dan orang-orang terdekat. Itulah beberapa hal untuk mensiasati anak yang mengalami masalah dengan makanan, salah satunya dengan memvariasikan menu makanan yang terbaik untuk pertumbuhan anak.

Semoga Bermanfaat ya MOM :)

#Kids #Makanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...