haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com haloMOM.com
1 2 3 4 5 6

Cari Blog Ini

Selasa, 03 Februari 2015

Manajemen Stres untuk Status Ibu Baru


halo MOM, Menjadi ibu baru bukan hanya berbuah kebahagian dan pengalaman seru, tapi penyakit tertentu juga kerap menempel di tubuh pasca melahirkan.

Umumnya, setiap orang akan bersemangat ketika menanti kelahiran buah hati. Apalagi jika kehadiran Si Kecil ditunggu-tunggu ayah, bunda, dan keluarga
besar. Tak sabar rasanya membayangkan bayi mungil itu berada dalam dekapan. Namun, terkadang kelahiran yang awalnya dianggap indah, bisa jadi bumerang bagi ibu baru. Sebagian wanita bisa saja mengalami yang namanya baby blues pasca melahirkan. Jika tak kunjung mereda dalam sepekan, bisa berkembang menjadi gangguan yang lebih permanen, atau disebut post natal depression.

Untuk itu,bagi para calon ibu untuk bisa memahami arti kehamilan dan mengupayakan persiapan diri atas peran barunya.

Berikut 8 hal yang perlu dipersiapkan dalam pikiran kita agar terbebas dari STRESS:

Percaya Diri
Meskipun sehabis melahirkan, harus ditanamkan rasa Percaya Diri agar penampilan kita tetep smart, dan enak dilihat orang lain terutama pasangan kita.

Tetap menjaga penampilan 
Jangan karena sudah sibuk merawat bayi kemudian kita lupa menjaga penampilan, ini penting karena dandan adalah mood booster . Selama cuti melahirkan tidak ada aktivitas yang menuntut kita dandan dan berpakaian bagus. Mau seharian pakai daster juga tidak apa-apa, kan hanya di rumah saja. Tetapi padasaat keluar rumah ataupun sekali-sekali dirumahpun tampil yang ok agar diri kita merasa cantik itu sangat penting, apalagi setelah melahirkan saat kulit kusam, rambut rontok, dan badan melar bergelambir sana-sini. Bukan buat siapa-siapa, tapi untuk diri sendiri.

Fisik yang sehat
Seperti kata pepatah, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, kan? Kalau fisiknya saja amburadul bagaimana isi di dalamnya? Kalau badan sehat, otomatis mood pasti lebih baik. Karena itu sebisa mungkin menjaga kesehatan. Banyak makan, istirahat cukup, dan kalau memungkinkan cukup bergerak dan berkeringat.

Kecantikan tetap menjadi salah satu prioritas
Meskipun sudah punya anak dan walaupun rasanya mustahil menyediakan waktu untuk merawat diri saat menjadi ibu baru, tetapi tetap berusaha agar setidaknya bersih dan wangi. Kalau punya kesempatan ke salon atau spa sesekali (bayi ada yang menunggu) lakukan saja… Ibu cantik, adalah ibu bahagia.

Santai
Saat bayi menangis tidak bisa tenang, saat ASI tidak lancar, saat cucian bertumpuk dan hujan terus-terusan, saat dunia jungkir balik… daripada stres dan menangis, lebih baik santai saja dan berusaha dinikmati. Nanti juga berlalu. Kita jadi ibu masih seumur hidup, kalau begini saja sudah stres bagaimana nanti saat anak kita sudah sekolah.

Rutin Olahraga
Bukan agar cepat langsing lagi, tapi olahraga membuat metabolisme lancar dan bisa membuang energi negatif dalam diri kita. Kalau yang punya kesempatan untuk olahraga di luar rumah walaupun hanya seminggu sekali, lakukanlah. Percayalah, kita akan pulang dengan tubuh bugar dan emosi yang lebih baik.

Sosial
Dengan hadirnya buah hati jangan sampai kita lupakan teman, klien ataupun komunitas, karena justru manfaatnya banyak, bisa tukar pikiran, ataupun sekedar bercanda disela mengurus bayi atau anak kita.

Cuek 
Tidak perlu terlalu mendengarkan omongan orang, nasihat tentang harusnya begini dan begitu, atau kritik yang tidak membangun, khususnya tentang cara kita menangani anak. Lakukan saja yang terbaik menurut apa yang kita percaya. Kalau energi kita terlalu banyak dicurahkan untuk kata-kata negatif dari orang lain, mood kita juga akan terganggu.

Semoga bermanfaat ya MOM :)

#MOMnBaby #Psikologi #PsikologiIbu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...